Hay gan salam kenal nama saya Bayu gan
KTP agan ilang ?
STNK, SIM ?
Dompet ilang ?
Kasihan banget gan haha
Canda gan ane juga ni gan kejadian di daerah Cijantung
Bingung cara ngurusnya gan ?
Tenang gan,, Ini gan ane kasih tutorialnya sesuai yang ane lakukan
untuk mendapatkan ktp,stnk, dan sim kembali gan.
Diharap agan membaca full ya karena saya membuat artikel ini
sesuai urutan.
Semoga membantu agan2 untuk mendapatkan surat-surat nya ya
gan.
Pertama :
Kita harus membuat laporan kehilangan dulu gan di kepolisian
Bahan :
1. Fotocopy KTP (jika tidak ada agan pakai Fotocopy
KK)
2. Fotocopy STNK (jika tidak ada agan pakai
Fotocopy BPKB)
3. Fotocopy SIM ( jika tidak ada tidak apa-apa
tetapi ini sangat pengaruh untuk membuat sim barunya nanti gan)
Cara laporan :
1. Agan ke Polsek sekitar rumah agan, nah bilang
aja buat surat kehilangan gan (biaya gratis)
2. Setelah dibuatkan jangan lupa di fotocopy
Surat kehilangan selesai 😁mudah kan ?
Kedua :
Kita harus mengurus KTP dulu gan
Bahan :
1. Fotocopy KTP agan (kalau tidak ada agan bawa
fotocopy KK agan)
2. Fotocopy surat kehilangan dari kepolisian
Jika pihak kelurahan menanyakan surat pengantar RT/RW bilang
saja ini udah dari kepolisian kata polisinya ga usah pake 😋
Cara
Laporan :
1. Agan dateng ke kelurahan sekitar agan
2. Agan ambil nomer antrian jika ada
3. Saat di panggil nomernya agan bilang aja ngurus
surat kehilangan bu/pak
4. Nah nanti agan di kasih tahu tu kapan di ambil
RESI nya (kalau ane si besoknya udah bisa di ambil)
5. Oh iya setelah agan dapet resi agan, agan Tanya
untuk kartunya kapan bisa di ambil (jangan lupa ya)
6. Biaya gratis gan
Selesai ni gan urus KTP tinggal ambil nantinya. NEXT 😄
Ketiga :
Kita sekarang mengurus STNK gan
Disini agak ribet gan
Bahan :
1. Motor agan (karena agan nanti di haruskan cek
fisik kendaraan)
2. Fotocopy STNK
3. Fotocopy KTP
4. Surat kehilangan kepolisian
5. Resi agan
6. Fotocopy BPKB dan bpkb asli
7. Dan surat-surat hasil cek fisik
Nah gan ini untuk yang bpkb atas nama sendiri ya, kalau yang
bukan atas nama ni ane jelaskan :
Bahan :
1. Motor
2. Fotocopy STNK
3. Fotocopy KTP dan ktp asli yang namanya di BPKB
4. Surat kehilangan
5. Fotocopy BPKB dan BPKB asli
6. Dan surat-surat hasil cek fisik
7. Surat kuasa dari yang nama di BPKB (karna saya
namanya masih bude saya, bude saya disuruh
dateng gan ke POLDA nya 😂 nyusahin kan ? ho’oh)
Cara laporan :
1. Agan ke POLDA
2. Agan cek fisik kendaraan dulu di awal biaya
(Rp.10.000)
3. Agan ke loket kasih surat dari cek fisik
4. Tunggu NOPOL agan di panggil (nomer plat)
5. Fotocopy semua surat yang dari cek fisik
(biasanya tukang fotocopynya udah paham ko)
6. terus agan ke bagian kehilangan STNK
7. Nah kasih surat-surat tadi gan
8. Nanti agan di suruh ambil struk pajak gitu
9. Terus balik ke loket stnk ilang isi formulir kehilangan
10. Agan di kasih kartu warna kuning untuk kembali
lagi besok
11. Besoknya agan balik ke loket stnk itu nah agan
di suruh ke bagian laporan gitu dah
12. Nah disini agan di suruh bawa yang atas nama di
BPKB itu (kalau belum balik nama.saran saat mau kembalikan kartu kuning
sekalian bawa yang di BPKB agan ya biar ga pulang n balik lagi kaya saya haha)
13. Next agan akan dikasih tu kertas pengambilan
STNK sekitar 4 harian gan (saran saya gan setelah ini langsung ke SIM ga usah
nunggu STNK dulu)
14. Setelah 4 hari agan ke tempat yang stnk tadi ,
nah agan disuruh bayar pajak dulu Rp.100.000.
15. Nah tunggu panggilan terus dapet STNK deh
Agak ribet dan lama ya gan ? tapi pikir aja demi STNK balik
gan.
Di atas prosedur untuk nama di BPKB nama sendiri/orang sama
ko bedanya hanya bawa yang di BPKB
Disini saya tidak tahu kenapa di suruh bawa, mungkin karna
saya tidak membuat surat kehilangan saat itu hehe. NEXT
Keempat :
Agan membuat SIM
Bahan :
1. Foto copy KTP dan Foto copy resi
2. Foto copy sim
Cara Laporan :
1. Agan nanti ke loket masuk bayar Rp 25.000.
2. Nah agan ke tes kesehatan dulu gan
3. Setelah itu agan ke loket SIM hilang gan bayar
Rp 75.000
4. Isi formulir gan
5. Terus agan ke bagian arsip gan
6. Nah setelah selesai agan ke loket sesuai yang di
suruh gan
7. Terus agan foto ulang gan (jangan lupa di cek
alamat,nama,dll karena kalau beda nanti agan balik lagi jadi mondar-mandir)
8. Setelah foto agan di suruh ambil SIM di loket
pengambilan
9. Selesai
Mudah ya gan, tapi sabar gan memang agak lama di pengambilan
SIM kan yang bikin SIM bukan agan aja 😁
Ya selesai semua gan, ini saya tulis sesuai yang saya
lakukan untuk mendapatkan STNK,SIM,KTP. Tujuan saya menulis artikel ini untuk
membantu agan sekalian yang senasib seperti saya hehe. Dan mempermudah agan
sekalian untuk mengambil surat-surat tersebut tanpa perantara orang lain.
Mohon maaf jika ada kekurangan di artikel saya.
Saya sudahi ya gan 😁 wassalamualaikum wr.wb
thank gan udah mampir :D jangan lupa follow
BalasHapus